Menggambar Garis Tegak Lurus dan Sejajar di LaTeX

Pada hari Kamis kemarin, setelah selesai melakukan tugas kerjaan mengetik beberapa soal-soal UM UGM dan SBMPTN, tidak sengaja nemu file ketikan yang belum selesai. Aku lihat di situ Soal SIMAK UI 2019 Matematika Dasar yang baru diketik sampai nomor 7 tanpa gambar.

Lantas aku ingat, ini dulu sempat niat mau aku selesaikan. Tapi karena urusan pekerjaan, akhirnya terbengkalai berbulan-bulan. Iyaaa… berbulan-bulan!!! Karena aku inget banget waktu itu, mulai ngetiknya dari bulan Juli 2019, sehari atau dua hari setelah aku mendapatkan foto soalnya dari twitter. Kebetulan ada orang baik hati, yang mau ngasih foto soalnya ke aku.

Udah ya, ngocehnya… 🙂 Sekarang aku mau sharing bagaimana aku menyelesaikan sisanya.

Sebenarnya kalau cuma mengetik di LaTeX itu, aku udah biasa. Udah nggak asing, karena sudah aku lakukan dari tahun 2011an. Lama kan?

Yang menjadi persoalan adalah nggambarnya. Iya nggambar bangun-bangun datar (atau ruang) matematika yang ada di soal. Nah dalam kasus ini, ada di soal SIMAK UI Matematika Dasar no 7. Kalau belum lihat soalnya bisa lihat di sini.

Soal SIMAK UI 2019 Kode 540 No. 7

Sebenarnya sebelum2nya sudah pernah nggambar-nggambar kayak ginian di LaTeX. Tapi kan udah berbulan-bulan nggak melakukannya, yang bikin aku banyaaaaaakkkk lupa. Tobat.

Mau nggak mau aku harus buka-buka lagi file-file lama, ternyata nggak nemu solusinya. Searching di internet juga nggak nemu, sedih rasanya. Yang aku ingat, aku biasanya pakai pakcage tkz-euclide buat bikin-bikin gambar kayak gitu. Akhirnya, nekat buat nge-print manual nya. Wkwkwk. Saking frustasinya.

Aku baca-baca sampai beberapa halaman. Akhirnya ada sedikit titik cerah. Aku praktikkan.

Sebelum ngeprint manual, aku bingung gimana cara bikin ruas garis melalui suatu titik yang tegak lurus dengan garis lain. Ternyata gampang, tinggal pake perintah

\tkzDefPointBy[projection=onto B--A](D) \tkzGetPoint{F}

Kode itu maksudnya, kita mau biking ruas garis DF yang tegak lurus garis BA. Titik F adalah proyeksi orthogonal titik D pada garis AB.

Yang kedua, yang aku nggak tau tadinya adalah bikin garis sejajar DF dan melalui A, dengan panjang sama dengan DF. Ternyata, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mentranslasi titik A, seperti translasi F terhadap D. Perintahnya seperti ini

\tkzDefPointBy[translation= from F to D](A) \tkzGetPoint{G}

Setelah ketemu titik G ini lah, maka aku bisa bikin garis AG sejajar FD. Untuk finishingnya, tinggal dibikin garis-garis yang lain. Untuk kode lengkapnya bisa dilihat seperti ini.


\documentclass[10pt]{standalone}
\usepackage{tkz-euclide}
\usetkzobj{all}

\begin{document}
\begin{tikzpicture}[scale=0.5]

\tkzDefPoints{0/0/B,10/0/C,15/0/D}
\tkzDefTriangle[equilateral](B,C) \tkzGetPoint{A}

\tkzDefPointBy[projection=onto B--A](D) \tkzGetPoint{F}
\tkzInterLL(A,C)(D,F) \tkzGetPoint{E}

\tkzDefPointBy[translation= from F to D](A) \tkzGetPoint{G}

\tkzDrawPolygon(A,B,C)
\tkzDrawSegments(A,C D,F C,D A,G D,G)

\tkzMarkRightAngles(D,F,B A,G,D)

\tkzLabelPoints(C,D)
\tkzLabelPoints[above right](E,G)
\tkzLabelPoints[above left](A,F)
\tkzLabelPoints[below left](B)
\end{tikzpicture}


\end{document}

Untuk hasilnya seperti ini.

One thought on “Menggambar Garis Tegak Lurus dan Sejajar di LaTeX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: